Home » » Tutorial AMT (Analog Mastering Tools)

Tutorial AMT (Analog Mastering Tools)

Analog Mastering Tools (AMT) adalah salah satu dari sekian banyak plug-in yang dipersembahkan oleh Nomad Factory.
Plug-in ini termasuk kedalam golongan "high resolution limiter and multi-band dynamics processor" yang tentunya dapat membantu kita dalam melakukan proses mixing ataupun mastering (musik/lagu) sesuai dengan standar-baru mixing/mastering yang lebih mengedepankan karakter "tube (tabung) system".
Pada dasarnya plug-in AMT ini terdiri dari 3 (tiga) sub-plugin yaitu AMT Amp Leveling, AMT MaxWarm dan AMT MultiMax hal mana kesemuanya didisain sebagai suatu plug-in yang powerfull dan effisien serta telah terintegrasi dengan suatu dynamic-processor, equalizer dan effect-effect.

AMT Amp-Leveling.
Plug-in ini berfungsi untuk menambah gain/level baik saat melakukan mixing ataupun mastering, karakter "tube" yang dihasilkan cukup memadai, sehingga sangat membantu kita untuk menampilkan sentuhan analog-instrument dari musik garapan kita.


AMT MaxWarm
Plug-in ini berguna untuk menghasilkan/mereproduksi "more natural warm-sound" yang kita butuhkan agar hasil mixing-mastering kita tidak "tenggelam" bila diperdengarkan bersama dengan lagu-lagu produksi studio-studio besar.
Di dalam plug-in ini juga terintegrasi dua-band equalizer berikut pengatur frekwensi lengkap dengan gainnya. Reproduksi suara yang dihasilkan cukup mengagumkan.

AMT Multi-Max
Memiliki fungsi yang sama dengan Max-Warm dengan kelebihan 3-band equalizer lengkap dengan pengatur frekwensi dan gain, sehingga mampu menghasilkan frekwensi bawah (low), tengah (midle) dan atas (high) dengan sama baiknya. Musik yang direproduksi akan memiliki  punchy-low, clear (warm) dan sweet-high.


Satu hal yang perlu menjadi catatan dan perhatian khusus adalah bahwa untuk mendapatkan hasil yang optimal dari penggunaan (kolaborasi) ke 3 plug-in tersebut di atas, sepenuhnya tergantung kepada kemampuan (telinga) kita serta keberanian kita untuk selalu mencari konfigurasi yang sesuai dengan keinginan kita dan dapat memenuhi standard modern mixing-mastering (yang lebih mengedepankan karakter tabung).
Selamat berkreasi, semoga sukses .........

1 komentar:

  1. hebat bos artikelnya, teruslah menulis agar semakin bnyak orang indonesia menjadi pintar,.

    Link anda telah sy pasang.
    artikelyh.co.cc

    BalasHapus

Jangan takut untuk meninggalkan komentar anda, blog ini akan berkembang dengan komentar-komentar anda yang positif dan tanpa spam maupun link aktif.
Mohon maaf apabila terjadi keterlambatan balasan komentar.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS